Bupati Aceh Barat Pimpin Apel Kesiapan Bencana Alam

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli. MS menjadi inspektur upacara Apel Siaga Kesiapan Penanganan Bencana Alam Tahun 2020 di halaman Mapolres Aceh Barat, Rabu (11/11) pagi.

Dalam amanatnya, Bupati Aceh Barat Ramli MS menyampaikan, pada Oktober hingga Desember 2020 memasuki musim penghujan yang bisa berdampak pada bencana alam yaitu banjir dan tanah longsor, untuk itu perlu peran bersama baik TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dalam hal upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam di Kabupaten Aceh Barat.

“Saya berharap kepada seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana alam ini agar benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta sesuai dengan standar operasional prosedur dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat,” imbuhnya.

Bupati juga meminta kepada pihak terkait untuk melakukan upaya pendataan kembali desa-desa yang rawan banjir serta melakukan tindakan-tindakan pencegahan dengan mengajak komponen masyarakat yang ada di kecamatan untuk melaksanakan gotong royong, serta menghimbau mereka agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kesuksesan pencegahan dan penanggulangan bencana alam bukan hanya keberhasilan TNI-Polri dan pemda, namun hal tersebut adalah kesuksesan bersama yang tidak terlepas dari sinergitas seluruh stakeholder serta komponen masyarakat terhadap terjadinya potensi bencana alam," ujarnya.

“Semoga tugas yang kita laksanakan ini menjadi nilai ibadah di sisi Allah SWT, dan senantiasa diberikan petunjuk, bimbingan serta kekuatan kepada kita sekalian, dalam menjalankan tugas memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat bangsa dan Negara” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan, Unsur Forkopimda, Asisten, Kepala SKPK terkait, Camat, unsur TNI/Polri, Satpol-PP dan WH, BPBD, ASN, PMI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, serta para undangan lainnya.