Wabup Tanah Datar: Manfaatkan Potensi Kebersamaan untuk Pembangunan Generasi Sehat

Tanah Datar - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, melaksanakan berbagai kegiatan, seperti Apel Bersama, Senam Massal dan Permainan Tradisional Kim, di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Batusangkar, Selasa (12/11).

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyebutkan bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus segera dituntaskan terkait pembangunan SDM berkualitas sesuai arahan Presiden RI, yaitu stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Walaupun besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan JKN ini, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. untuk itu, mari cari solusi bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata," ujar Wabup Zuldafri.

Wabup Zuldafri menambahkan, pemerintah pusat telah melakukan pembangunan bidang kesehatan, memperjuangkan tiga pilar yaitu, paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya JKN, melalui program unggulan kesehatan, Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Nusantara Sehat (NS).

"Dalam pelaksanaan tata kelola pelaksanaan program, diminta pembangunan kesehatan di daerah serta pemanfaatan anggaran harus dilaksanakan, dikelola secara baik, benar, bertanggung jawab, akuntabel, transparan dengan sistem monitoring evaluasi yang ketat," ujar Zuldafri.

Menutup sambutannya, Wabup Zuldafri melalui momentum HKN 2019, mengajak semua pihak untuk memaksimalkan segenap potensi kebersamaan untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad memajukan bangsa, menuju Generasi Sehat Indonesia Unggul, mengisi 100 tahun Indonesia merdeka tahun 2045.

"Lakukan inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat Presiden, khususnya dalam mengentaskan stunting, memperbaiki layanan kesehatan membenahi tata kelola BPJS kesehatan, penyediaan obat dan alat kesehatan lokal yang murah lagi berkualitas," ujar Zuldafri.

Apel bersama yang dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita Zedrianis, Direktur RSUD M. Ali Hanafiah dr. Afrizal Hasan, seluruh insan kesehatan daerah Tanah Datar serta tamu undangan lainnya itu ditutup dengan penyerahan 2 unit ambulans oleh Wabup Zuldafri Darma kepada Puskesmas Rambatan I dan Puskesmas Pariangan.