Dinkes Aceh Tengah Gelar Pertemuan Advikasi Lintas Sektor

Takengon – Dinas Kesehatan Aceh Tengah bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar pertemuan Advokasi Untuk Mendorong Penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Lintas Sektor dan Lintas Program, Kamis (12/11).

Pertemuan ini diikuti oleh 45 peserta yang berasal dari seluruh OPD/SKPK terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah serta Kepala Puskesmas dari semua kecamatan yang ada di kabupaten ini.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Iftahuddin menyampaikan saat ini tren gangguan kesehatan pada masyarakat, mulai bergeser dari penyakit menular seperti Diare, TBC dan sebagainya ke penyakit tidak menular seperti Diabetes, Hipertensi, Jantung Koroner, Kanker dan lain-lainnya.

"Penyakit-penyakit tidak menular tersebut, sekarang sudah menjadi penyebab utama kematian," katanya.

Menurut Iftahuddin, hal ini terjadi akibat perubahan pola hidup yang cenderung tidak sehat, baik dari aspek konsumsi utrisi yang tidak berimabng maupun penerapan pola hidup yang tidak sehat.

“Meningkatnya gangguan kesehatan akibat penyakit tidak menular ini, ditengarai pola konsumsi dan pola hidup yang tidak sehat, sehingga masyarakat rentan terserang penyakit-penyakit tersebut, bukan semata karena faktor ekonomi, tapi lebih kepada gay hidup dan pola hidup yang tidak sehat,” terangnya.

Iftahuddin menambahkan program nasional Germas yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral ini, sangat perlu untuk dilanjutkan.

"Agar program ini bisa berjalan terpadu, diperlukan payung hukum, minimal berupa Peraturan Bupati yang mengatur secara jelas sasaran program dan peran dari masing-masing sektor, sehingga program ini dapat dilaksanakan secara terpadu dan mafaatnya dapat segera dilaksanakan oleh masyarakat," ujarnya.

Bupati Aceh Tengah yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Musyid mengatakan Germas ini sebagai salah salah satu upaya meningkatkan kesadaran untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan hal tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan edukasi hidup sehat, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit dengan melibatkan pemangku seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat.

“Germas merupakan rangkaian kegiatan yang sistematis, masif dan berkelanjutan yang diharapkan dapat mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk mengurangi beban masyarakat akibat penyakit terutama di masa pandemi COVID-19 yang merebak saat ini,” ungkapnya. (Fathan Muhammad Taufiq/Aceh Tengah).