Akademi Komunitas Singkawang Wisuda 56 Lulusan D2 TPHP dan TI

Singkawang – Akademi Komunitas (AK) Singkawang melaksanakan wisuda ke 6 lulusan program studi diluar domisili (PDD) Politeknik Negeri Pontianak tahun akademik 2019/2020 di Hotel Swisbellin Singkawang, Sabtu (14/11).

Rangkaian wisuda turut dihadiri Wakil Wali Kota Singkawang Irwan, Direktur Politeknik Negeri Pontianak Muhammad Toasin Asha beserta jajaran, Mantan Wali Kota Singkawang Awang Ishak, Anggota DPRD Taman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M. Nadjib, para wisudawan dan wisudawati beserta orang tua.

“Lulusan yang akan diwisuda sebanyak 56 orang, terdiri dari D2 Prodi TPHP 12 lulusan dan D2 Prodi TI sebanyak 44 lulusan,” kata Toasin.

Ia mengatakan keberhasilan PDD Akademi Komunitas yang mewisuda lulusan pada hari ini adalah buah dari perjuangan dan kontribusi dari semua pihak baik langsung maupun tidak langsung.

“Atas nama pimpinan dan seluruh citivas Politeknik Negeri Pontianak mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Pemkot Singkawang atas komitmennya yang diberikan selama ini dalam penyelenggaraan PDD AK Singkawang,” ujarnya.

Menurutnya, para wisudawan wisudawati setelah diwisuda berhak menyandang gelar akademik Ahli Muda dan sudah siap terjun langsung ditengah masyarakat untuk memberikan darma baktinya. Ia berharap setelah terjun langsung kelapangan dapat kiranya mengimplementasikan dan mengamalkan ilmu dan kompetensi yang dimiliki sesuai profesi secara profesional dan tanggung jawab.

“Saudara adalah kebaggaan almamater Polnep. Saudara sebagai alumnus PDD AK Singkawang harus menjadi agen perubahan bangsa ini dengan bekerja keras, tulus ikhlas serta menjunjung tinggi nilai kejujuran dan berdisiplin tinggi,” katanya.

Ia mengatakan dari 56 wisudawan dan wisudawati terdapat dua orang yang memiliki IPK tertinggi, yaitu Wahyuni lulusan Prodi TPHP dengan IPK 3,94 serta Wilhemus Wilian lulusan Prodi TI dengan IPK 3,95.

“Keduanya lulus dengan PUJIAN,” ujarnya.

Pihaknya, kata Taosin memberikan penghargaan dan hadiah kepada kedua lulusan tersebut.

“Kami berikan hadiah uang tunai masing-masing sejumlah Rp1.500.000,” ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Singkawang Irwan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati. “Atas nama Pemkot Singkawang kami ucapkan selamat atas terselenggaranya wisuda pada hari ini,” kata Irwan.

Ia mengatakan, Pemkot Singkawang berkomitmen dan sedang berkoordinasi dengan pihak legislatif untuk meningkatkan status Akademi Komunitas menjadi Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) bail secara moril maupun materil sesuai kewenangan dan kemampuan daerah.

“Tentu saja harapan ini akan menjadi mudah terwujud dengan dukungan dan fasilitasi Polnep Pontianak untuk dikoordinasikan dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” harap Irwan.

Irwan pun menaruh harapan kepada wisudawan dan wisudawati untuk memiliki ide pemikiran dan gagasan baru yang dapat memajukan dan merubah perilaku masyarakat.

“Harus ide dan gagasan baru, agar kedepan kontribusi saudara dapat sejalan dengan pembangunan di Kota Singkawang,” ujarnya.