Pemkot Madiun Buka Peluang Menangkan Perhargaan Paritrana

Madiun – Pemerintah Kota Madiun membuka peluang memenangkan penghargaan Paritrana dengan program Asuransi Bagi Tenaga Kerja Sektor Informal Kota (Siaga Kita).

Pemerintah Daerah diminta bersiap mengikuti penilaian yang akan dimulai Januari 2021 mendatang. Sekda Kota Madiun Rusdiyanto mengikuti sosialiasi dari BPJS Ketenagakerjaan pusat tersebut secara virtual dari Aston Hotel, Senin (16/11).

Ketua Penilai Paritrana Award Hotbunar Sinaga mengatakan sejumlah kriteria penilaian dalam sosialisasi tersebut.

"Pemerintah daerah diharapkan juga dapat mendorong perusahaan di wilayah masing-masing agar disiplin dalam mengikutkan karyawannya dalam jaminan sosial tenaga kerja. Karenanya, kriteria penghargaan untuk perusahaan juga dimunculkan," katanya.

Sekda Kota Madiun Rusdiyanto mengungkapkan Kota Madiun sudah memiliki program Siaga Kita tersebut.

"Siaga Kita merupakan upaya Pemerintah Kota Madiun melindungi pekerja informal. Setidaknya, terdapat 56 jenis pekerjaan informal yang saat ini tertanggung program Siaga Kita diantaranya, pedagang keliling, pedagang kaki lima, kuli bangunan, tukang becak, pemulung, kuli angkut, buruh tani, tukang sampah, tukang sol sepatu, hingga tukang gali sumur. Karenanya, kriteria luasan jangkuan juga bisa dibilang sudah cukup bagus," terangnya. (lucky/agi/diskominfo)