Pemkab Manggarai Terima Piagam Penghargaan WTP 2019

Manggarai - Menteri Keuangan RI diwakili Kepala KPPN Ruteng Yustinus Kus Suhantoro menyerahkan piagam penghargaan kepada Pjs Bupati Manggarai Zeth Libing atas keberhasilan Pemkab Manggarai dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Selasa, (17/11).

Dalam kesempatan tersebut, KPPN Ruteng juga menyampaikan tentang tata pelaporan keuangan untuk tahun 2020.

Beberapa poin penting, berdasarkan petunjuk Direktorat Perbendaharaan Negara, disampaikan dalam audiensi tersebut antara lain sosialisasi Sistem SP2D Online, pelaporan pengelolaan keuangan daerah termasuk di dalamnya pengeluaran untuk penanggulanganan COVID-19, dan percepatan penyaluran DAK Fisik Dana Desa.

"Direktorat perbendaharaan sudah membangun sistem SP2D online, sehingga harapannya ke depan untuk penerimaan negara bekerjasama dengan Bank NTT sebagai kas daerah, maka potongan pajak tersetor ke kas negara secara otomatis," tutur Kepala KPPN Ruteng.

Dengan sistem ini, data keuangan Pemda yang sudah diintegrasikan dengan data bank pengelola kas daerah akan mudah terkoneksi dengan sistem perbendaharaan negara sehingga pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih transparan, real time, dan mudah untuk melakukan pemantauan terhadap dana Pemda.