Tim Penilai Provinsi Kunjungi KAN Pangian Lintau Buo

Tanah Datar - Sesuai dengan fungsinya Kerapatan Adat Nagari (KAN) mempunyai peran yang strategis dalam mendukung pembangunan di nagari.

Hal ini diungkapkan Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen di hadapan tim penilai KAN Berprestasi dari Provinsi yang terdiri dari Puti Reno Rauda Thaib. MS dari unsur Bundo Kanduang, Yulizal Yunus Dt. Rajo Bagindo dari Tim konsolidasi Adat Sumbar, Yul Rizal Baharin dari Pamong senior, Akmal dari studi Masyarakat Hukum Adat UNP, Azharnuri Dt. Rajo Nan Putiah dari Bakor KAN Sumbar dan Akral dari Dinas PMD Sumbar serta undangan lainnya, Selasa (17/11).

“KAN merupakan salah satu unsur pemerintahan di nagari yang turut menentukan arah kebijakan Pemerintahan Nagari melaksanakan pembangunan karena keanggotaannya terdiri dari perwakilan Niniak Mamak dan unsur Alim Ulama Nagari, unsur Cadiak Pandai, unsur Bundo Kanduang dan unsur Parik paga dalam Nagari yang bersangkutan sesuai dengan Adat Salingka Nagari,” ujar Suhermen.

Suhermen berharap kepada jajaran KAN Pangian untuk menyajikan data dan informasi yang dibutuhkan tim penilai.

“KAN Pangian telah mampu menjadi terbaik tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2019 dan mewakili ke tingkat provinsi tahun 2020 ini. Alhamdulillah, hari ini dinilai satu dari 4 KAN lainnya di Sumbar, maka KAN tentu diharapkan memberikan data dan informasi yang dibutuhkan tim penilai, sehingga kalau memang layak menjadi yang terbaik, Insya Allah kita jadi yang terbaik,” ujarnya. (KominfoTD)