Pjs Bupati Sigi Hadiri Pertunjukan Virtual Kesenian Tradisional Daerah

Sigi - Pjs Bupati Sigi Sisliandy menghadiri Pertunjukan Virtual Kesenian Tradisional Daerah (PETUNRA) bertempat di D'Qalbu Cafe, Kalukubula, yang disiarkan di kanal Youtube KPCPEN PETUNRA SULAWESI TENGAH, Selasa (17/11).

Pertunjukan virtual PETUNRA ini dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) serta Pemerintah Daerah, untuk membangun rasa optimisme dan semangat masyarakat untuk tetap produktif selama masa pandemi melalui pesan yang disampaikan dalam pertunjukan rakyat.

Pjs Bupati Sigi dalam sambutannya menyampaikan agar penanganan COVID-19 menjadi tugas bersama, melalui partisipasi dan gotong royong semua pihak. Beliau berharap disiplin penerapan protokol kesehatan melalui gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) tetap dilaksanakan. Beliau juga berharap, melalui tema

"Melalui PETUNRA, Kita Tingkatkan Rasa Optimisme, Semangat, dan Produktivitas Masyarakat di Masa Pandemi," terangnya

Beberapa pertunjukan yang ditampilkan yaitu tari "Notapi Ose", menggambarkan bagaimana beberapa gadis Kaili yang memulai hari dengan doa kepada Sang Pencipta serta semangat untuk bekerja menapis beras hingga bersih; drama "Topodava Ngaraka", yang menggambarkan bagaimana menyikapi dan menyebarkan informasi yang tidak benar (hoax); yang dipersembahkan oleh Sanggar Seni Polelea Sigi, serta tari "Nipobaliaka", yang menggambarkan sebuah penyembuhan atau perbaikan keadaan ke masa normal baru, yang dipersembahkan oleh Dewan Kesenian Kabupaten Sigi.

Selain pertunjukan rakyat, pada kesempatan itu juga dilaksanakan dialog bersama Pjs Bupati Sigi Sisliandy dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi Roland Franklin, terkait dengan kondisi terkini dan langkah penanganan yang dilakukan Pemkab Sigi, dimana pemerintah daerah terus berupaya dan tetap optimis serta berharap bahwa upaya pemerintah didukung secara bersama-sama oleh seluruh komponen.