Sekda Tanah Datar: Teladani Sifat Jujur dan Amanah Rasulullah

Tanah Datar - Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki sifat jujur dan amanah dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan masyarakat. Perilaku jujur dan amanah akan mendorong lahirnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Hal ini ditekankan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar Irwandi di depan anggota Kopri dan Kodim 0307/TD dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah di Masjid Nurul Amin Pagaruyung, Jumat (14/11).

"Kita peringati hari kelahiran Baginda Rasulullah setiap tahun, tidak serimonial semata, namun pada intinya untuk meneladani sifat-sifat beliau, sifat jujur dan amanah bagi aparatur sangat penting," ujar Irwandi.

Irwandi menyebutkan, setidaknya Rasulullah memiliki 4 sifat yaitu Shiddiq (jujur), Amanah (bisa dipercaya), Tabligh (menyampaikan) dan Fatanah (cerdas).

"Kadang sulit mengatakan yang benar, agama memerintahkan sampaikan yang benar walaupun itu pahit, tetapi tidak semua yang pahit itu jelek bahkan obat pun pahit, namun menyehatkan," ujar Irwandi.

Senada dengan Irwandi, Ustadz Yendri Junaidi dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa Rasulullah adalah manusia yang mulia, tokoh yang disegani sekaligus dicintai.

"Nabi Muhammad SAW punya kebesaran hati dan kerendahan hati, kepribadian dan kemuliaannya lahir secara alami, tidak dibuat-dibuat," ujar Ustadz Yendri yang juga pimpinan Ponpes Thawalib Putra Padang Panjang sekaligus dosen STIT Diniyyah Puteri Padang Panjang.

Dikatakannya, Rasulullah manusia istimewa yang berbeda dengan tokoh-tokoh besar yang pernah lahir di dunia ini.

"Beliau sosok yang sukses dan bisa menjadi teladan dari seluruh sisi kehidupan. Sosok kepala keluarga yang luar biasa, pemimpin mengayomi, panglima perang tangguh dan sebagainya. Satu hal lagi, kebesaran beliau berdampak positif terhadap orang di sekitarnya tidak terang sendiri sementara cahaya orang lain menjadi redup," tutur Ustadz Yendri.