Bupati Pringsewu Ikuti Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah 2020

Pringsewu - Bupati Pringsewu Sujadi mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemerintah Tahun 2020 secara daring dari Aula Utama Pemkab Pringsewu, Rabu (18/11).

Turut Mlmendampingi bupati Pringsewu, diantaranya Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Pringsewu Handri Yusuf dan Inspektur Pembantu Inspektorat Pemkab Pringsewu Encep Ilyas.

Kegiatan yang mengangkat tema 'Transformasi Digital dan Profesionalisme Sumberdaya Manusia Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah' ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya mengatakan pada kondisi seperti saat ini, dibutuhkan kecepatan untuk realisasi belanja pemerintah.

"Seorang pejabat harus berani mengambil resiko untuk kepentingan rakyat. Sudah saatnya melakukan perubahan-perubahan yang fundamental dalam sistem pengadaan barang dan jasa," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, pemda harus memiliki bukan hanya sistem pengadaan barang dan jasa yang cepat, transparan dan akuntabel, tapi juga meningkatkan value for money dengan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada rakyat atau masyarakat.

Karena itu, lanjut presiden, LKPP harus melakukan banyak terobosan. Ia juga meminta pengadaan barang dan jasa dalam sisa waktu yang ada, dilakukan sesuai rencana APBN dan APBD.

Presiden juga meminta untuk memprioritaskan membeli produk-produk dalam negeri, khususnya UKM. Hal tersebut untuk menimbulkan multi-effect bergeraknya ekonomi masyarakat.