Pemkab Kubu Raya Serahkan Alat Kesenian untuk Sejumlah Kelompok Masyarakat

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Parwisata menyerahkan bantuan alat kesenian kepada sejumlah pengelola tempat wisata, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), lembaga pendidikan, kelompok kesenian, kelompok pemuda dan sanggar.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, penyerahan alat kesenian kepada masyarakat ini bertujuan menghidupkan suasana dan ajang kegiatan positif serta bangun suasana bahagia kepada remaja atau anak-anak muda agar tidak melakukan hal-hal negatif.

“Isilah waktu dengan hal-hal yang positif dan menghidupkan suasana batin yang tenang. Karena kalau di kampung-kampung, tentunya suara qasidah, rebana, tar dan marawis akan membangun semangat imunitas tubuh dan sekaligus kita juga memperkuat hal-hal yang sifatnya silaturahim," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, usai menyerahkan secara simbolis alat kesenian kepada perwakilan kelompok masyarakat di kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Parwisata, Jumat (20/11) pagi.

Bupati Muda menuturkan, Kubu Raya sejak dulu sudah mengadakan kegiatan ini setiap tahunnya, dan saat ini Kubu Raya ingin menghidupkan lagi suasana yang dulu pernah dirasakan masyarakat.

Muda berharap di tahun yang akan didatang bisa dilaksanakan kegiatan yang bersifat event-event agar bisa membangkitkan semangat yang luar biasa kepada kelompok ibu-ibu, pemuda, remaja maupun serta semua yang bisa terlibat seperti ini.

“Wisata-wisata yang ada di Kubu Raya saat ini perlu diperkaya dengan nuansa-nuansa budaya lokal, sehingga di setiap tempat wisata ada anak-anak atau kelompok yang bermain tar, marawis atau keyboard. Tentunya hal ini akan menghidupkan suasana batin yang bahagia di titik-titik wisata desa. Untuk saat ini baru empat titik wisata yang baru kita berikan, Insya Allah pada tahun mendatang kita akan berikan lagi untuk titik yang lainnya. Mengingat saat ini wisata desa di Kubu Raya sedang berkembang dan banyak dikunjungi terutama di akhir pekan," ujarnya.

Bupati berharap, dengan penyerahan alat kesenian ini juga bisa memberikan nilai tambah untuk produktivitas masyarakat Kubu Raya meski di tengah pandemi COVID-19.

Muda mengatakan, pada tahun mendatang, insya Allah Kubu Raya juga akan menambah alat kesenian lainnya, karena fondasi masyarakat baik secara kultur maupun sebarannya dan hal inilah yang akan kita kejar kedepannya.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Parwisata Kabupaten Kubu Raya Maria Agustina mengatakan, penyerahan alat kesenian ini dilakukan kepada 70 penerima, diantaranya, untuk marawis ada 32 titik, tar 16 titik, organ diberikan di empat titik destinasi wisata.

“Untuk alat kesenian tar dan rebana diberikan kepada Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) dan untuk pendidikan itu alat kesenian marawis sedangakan destinasi wisata orgen atau keyboard," kata Maria.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kubu Raya itu menjelaskan, untuk pengambilan alat kesenian ini, masyarakat dan kelompok-kelompok ini yang akan datang sendiri di kantor ini.

“Jika pandemi COVID-19 ini berakhir, sesuai arahan Pak Bupati Muda Mahendrawan, kita akan mengadakan festival-festival maupun even-even kepada daerah atau kelompok yang kita berikan alat kesenian ini. Kedepan, kita akan himpun semua kelompok-kelompok ini dalam satu event sehingga ada gairah baru di masyarakat," ucapnya.