Istri Bupati Bantul Raih Penghargaan Bunda PAUD Nasional 2019

Bantul - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019 kepada istri Bupati Bantul, Erna Kusmawati Suharsono, dalam acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, Senin (18/11).

Mengangkat tema "Memantapkan Peran Bunda PAUD Menuju PAUD Berkualitas", sebanyak 23 Bunda PAUD Kabupaten/Kota dan 6 Bunda PAUD Provinsi menerima penghargaan Anugerah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Nasional Tahun 2019.

Pemberian penghargaan dan pemasangan PIN Emas serta pemberian plakat diserahkan langsung oleh Wuri Estu Handayani Ma'ruf Amin didampingi Franka Franklin.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam sambutannya mengatakan, akses dan kualitas pendidikan anak usia dini kian menjadi perhatian masyarakat Indonesia dan dunia. Indonesia pun semakin berkomitmen untuk menyediakan layanan pendidikan anak usia dini agar tumbuh kembang mereka dapat berjalan secara optimal.

Nadiem mengatakan, Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas melaksanakan berbagai macam kebijakan untuk mendukung layanan PAUD yang berkualitas.

Sebagai bentuk komitmen terhadap Agenda Pendidikan 2030, tambah Nadiem, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat melakukan berbagai upaya untuk menyediakan akses terhadap layanan PAUD bagi seluruh anak usia dini di Indonesia.

"Untuk itu pemerintah telah merumuskan standar nasional PAUD yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014," ujar Nadiem.

Nadiem menjelaskan bahwa pemerintah juga telah berinisiatif membuat terobosan dengan meluncurkan program wajib satu tahun pendidikan pra-sekolah dasar untuk semua anak Indonesia (Peraturan Presiden Nomor 59/2017).

"Pemerintah terus berupaya mendorong peran keluarga sebagai pendidik yang pertama dan utama telah dicetuskan sejak lama oleh Ki Hajar Dewantara sejak tahun 1935, sebagai bagian dari Tri Sentra Pendidikan, yaitu alam keluarga, alam perguruan, dan alam pergerakan pemuda," ujarnya.

Sementara itu, Dirjen PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harris Iskandar mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia.

"Untuk itu komitmen nasional adalah menjamin penyediaan layanan PAUD bagi seluruh anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun agar jasmani dan rohani mereka tumbuh dan berkembang secara optimal dan siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut," ujarnya.

Lebih lanjut, Harris menekankan pentingnya peran pemerintah untuk terus mendorong kesadaran dan partisipasi semua elemen bangsa untuk menghadirkan layanan PAUD berkualitas di seluruh Tanah Air.

"Semoga dengan apresiasi ini dapat memacu semangat seluruh Bunda PAUD di Indonesia dan pelaku kebijakan di bidang PAUD untuk melakukan Gerakan Nasional PAUD Berkualitas di daerahnya masing-masing," harap Haris.

Pada kesempatan itu dilaunching Penguatan Pendidikan Karakter pada PAUD oleh Dirjen PAUD.

Sementara Erna Suharsono ditemui usai pemberian anugerah PAUD, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Bantul.

"Penghargaan Bunda PAUD 2019 ini merupakan hasil kesuksesan para bunda PAUD dari tingkat Kabupaten hingga tingkat desa, dalam mengelola PAUD, " tutur Erna.