Pemkab Kubu Raya Gelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan Kepariwisataan

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata menggelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan Kepariwisataan dengan Pengembangan Mutu Anyaman Bakul untuk Menunjang Usaha Sektor Pariwisata di aula Bank Kalbar, Selasa (24/11).

Kubu Raya sendiri memiliki potensi serat alam yang melimpah sehingga anyaman yang ada memiliki daya jual tinggi apabila dikemas dengan menarik. Pada kegiatan ini terdapat 36 peserta yang berasal dari 9 kecamatan yang nantinya akan menjadi perpanjangan tangan untuk kecamatannya sendiri.

Rosalina Muda mengatakan, program untuk peningkatan keterampilan kepariwisataan harus dilakungan dengan gotong royong atau 'kepong bakol' untuk dapat menjangkau semua sektor pendukung.

Untuk itu, dirinya mengapresiasi agenda hari ini, terutama dengan keterlibatan para pengrajin dan juga pemerintah untuk memajukan Kabupaten Kubu Raya.

Rosalina Muda menyebutkan, tumbuhnya minat masyarakat dalam membeli kerajinan ini termasuk upaya pemerintah dalam memajukan ekonomi masyarakat, mengurangi angka pengangguran dan juga menyerap daya beli masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sendiri bekerjasama dengan tim Kampong Bakul Sungai Belidak dalam proses pengambilan bahan baku dan pembuatan anyaman. Hasil produksi ini nantinya akan dibeli oleh pemda untuk digunakan sebagai tempat makan, buah tangan hingga pameran," ujarnya.