Gubernur Sumsel Hadiri Rapat Paripurna HUT Ke-73 Muara Enim

Muara Enim - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menghadiri Rapat Paripurna Ke-VIII DPRD Kabupaten Muara Enim dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muara Enim ke-73 di Gedung DPRD setempat, Rabu (20/11)

Hadir mendampingi Gubernur Herman Deru, Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Feby Deru.

Dalam arahannya, Herman Deru menegaskan agar perayaan HUT di seluruh kabupaten/kota se-Sumsel jangan hanya sekadar seremonial.

"Saya tidak mau masyarakat berpikiran seperti itu. Berpikiran gubernur datang, rapat, kumpul, makan dan selesai. Karena kita semua tahu masyarakat punya rapor penilaian pada kinerja kita. Mereka ingin tahu apa saja yang sudah kita kerjakan," ujarnya.

Untuk itu, Herman meminta pemerintah kabupaten/kota harus menunjukkan perubahan kinerja baik itu berupa perbaikan jalan, peningkatan pelayanan dan lain sebagainya atas pajak-pajak yang sudah dibayarkan.

Tidak hanya itu, menurut Herman, yang tidak kalah penting adalah pemerintah kabupaten/kota dapat segera meningkatkan keselarasan antara kekayaan SDA daerah dengan tingkat kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

"Jika tahun ini masih 12,5 persen, nanti HUT ke-74 tahun depan harus bisa tutun menjadi 11,5 persen, syukur kalau bisa 10 persen. Saya minta usai peringatan HUT ini ajak kepala BPS cari tahu formula apa yang bisa menurunkan angka kemiskinan," ujar Herman terkait penurunan angka kemiskinan.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim Juarsah menjelaskan visi dan misi #Merakyat Muara Enim untuk Rakyat yang Sejalan dengan Nawacita.

Juarsah menambahkan bahwa Kabupaten Muara Enim telah mengikuti ajang evaluasi dan Presedintual Lecture Gerakan Menuju 100 Smart City, karena salah satu kunci Smart City adalah kepemimpinan digital atau menjadikan teknologi informasi dan komunikasi sebagai informasi layanan publik yang efisien, bermanfaat dan berinovasi guna pembangunan menuju Muara Enim Smart Regency salah satunya melalui Aplikasi MANCE (Muara Enim Center).

Di akhir sambutan, Juarsah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder pembangunan mulai dari pejabat sipil, Polri, TNI, ASN dan non ASN sampai pemerintah desa, dunia usaha dan seluruh lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dan bersama-sama membangun Kabupaten Muara Enim sehingga sejajar dan bahkan unggul dibanding kabupaten lain di Sumatera Selatan, khususnya dan Indonesia pada umumnya.