KPU Manggarai Barat Gelar Simulasi Sirekap di Labuan Bajo

Labuan Bajo - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manggarai Barat (KPU Mabar) menggelar Simulasi Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara menggunakan Sirekap dalam Pemilihan Serentak 2020.

Simulasi yang digelar bersama PPK Kecamatan Komodo, PPS desa/kelurahan serta KPPS dalam Kota Labuan Bajo ini dilaksanakan di Aula Kantor KPU Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (25/11).

Komisioner Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilihan 2020 Muhamad Ilham menjelaskan bahwa simulasi digelar dalam tiga hari dimulai sejak 24-26 November 2020.

“Hari ini praktik atau simulasinya, demikian juga besok. Kemarin kita memulai dengan gambaran-gambaran umum terkait mekanisme pemungutan, penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Serta Penggunaan Sirekap dalam Pemilihan Serentak 2020,” jelasnya,

Ilham menambahkan, dalam pemilihan 2020 ada perubahan mekanisme dalam rekapitulasi hasil yakni menggunakan Aplikasi Rekapitulasi Hasil atau Sirekap, walaupun Sirekap hanya sebagai alat bantu.

“Tetapi terobosan seperti ini perlu untuk disimulasikan agar dalam pelaksanaannya nanti di hari H mudah untuk dilaksanakan,” lanjutnya.

Seperti diketahui, dalam Pilkada Serentak 2020, KPU RI menggunakan alat bantu sistem informasi rekapitulasi berupa Sirekap untuk sarana publikasi hasil penghitungan suara.