Disparekraft Muara Enim Adakan Workshop Pembuatan Kain Ecoprint

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraft) melaksanakan Workshop Pembuatan Kain Ecoprint Bagi Para Pelaku Ekonomi Kreatif Sub Sektor Fashion Kegiatan Pembinaan Industri Kreatif Kabupaten Muara Enim Tahun 2020, Kamis (26/11).

Plt Bupati Muara Enim Juarsah melalui Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani mengatakan ekonomi kreatif merupakan suatu konsep merealisasikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dengan basis kreativitas.

"Pemanfaatan sumber daya yang bukan hanya terbarukan, bahkan tidak terbatas, yaitu ide, gagasan, bakat atau talenta dan kreativitas," katanya.

Lebih lanjut, nilai ekonomi dari suatu produk atau jasa di era kreatif tidak lagi ditentukan oleh bahan baku atau sistem produksi seperti pada era industri, tetapi lebih kepada pemanfaatan kreativitas dan penciptaan inovasi melalui perkembangan teknologi yang semakin maju.

“Teknik ecoprint merupakan suatu proses transfer warna dan bentuk secara langsung pada media (kain, kertas, kulit dan sebagainya), ecoprint sebagai salah satu karya kain kreatif memiliki kekhasan antara lain mencerminkan karya kreatif yang berkarakter cinta lingkungan (ecofriendly),” tambahnya.

Dirinya berharap melalui workshop pembuatan kain ecoprint ini mampu menggali dan mengembangkan potensi-potensi ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Muara Enim, serta memberikan memberikan peluang usaha bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan pendapatan  dan kesejahteraan masyarakat.