TPID Majene Ikuti Rakorpusda TPID Se-Indonesia di Jakarta


Majene - Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Majene selaku Ketua Tim Sekretariat TPID Andi Adlina Basharoe menghadiri Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) seluruh Indonesia Tahun 2019 di Hotel Kartika Chandra Jakarta, Kamis (21/11).





Rakorpusda TPID 2019 kali ini mengangkat tema Sinergi dan inovasi dalam mendukung ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi pangan di daerah.





Dalam rapat ini juga dikemukakan mengenai empat hal yang penting dalam yang harus selalu diperhatikan oleh TPID yaitu ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif.





"Diharapkan agar TPID memberi jaminan dalam mendukung ketersediaan pangan di daerah, untuk itu daerah di tuntut mengoptimalkan infrastruktur pangan dan logistik, mengembangkan model kerjasama perdagangan antar daerah, meningkatkan teknologi untuk pemasaran dan lainnya. Lakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) keberhasilan TPID daerah lain, dan sinkronkan program road map TPID dalam lembaran perencanaan dan anggaran di daerah," kata Andi Adlina Basharoe





Rakorpusda ini dilanjutkan dengan diskusi panel Rakorpusda TPID 2019 yang dibuka oleh Dirjen Bina Bangda Kemendagri Hudori, mewakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dengan menghadirkan narasumber pejabat eselon I Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP), di antaranya Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko RI, Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, dan Deputi bidang ekonomi Kementerian PPN/Bappenas.