Peringati HUT Korpri, Wali Kota Madiun Gowes Bersama ASN

Madiun – Wali Kota Madiun Maidi bersama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, hingga lurah melakukan gowes bersama dalam rangka merayakan HUT Korpri, Jumat (27/11).

‘’Hari ini kita merayakan HUT Korpri secara terbatas. Kita lakukan bersepeda bersama dengan beberapa pejabat sekaligus mengecek jalur sepeda wisata,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi di Bumi Perkemahan Ngrowo Bening.

Bumi Perkemahan Ngrowo Bening memang salah satu titik yang dilewati jalur sepeda wisata 15 kilometer. Jalur ini dimulai dari Balai Kota Jalan Pahlawan ke selatan hingga Pasar Sleko kembali ke utara menuju Alun-alun lanjut Taman Bantaran dan Taman Lalu Lintas, ke timur melewati Gereja Cornelius, Taman Makam Pahlawan, Bakorwil, RTH Kartini, Busbo, sentra kuliner Rimba Darma, kawasan Stadion Wilis, lapangan Olahraga Gulun, dan Buper Ngrowo Bening. Rute sejatinya berlanjut ke Stasiun Besar Madiun, Polres Madiun Kota, dan kembali ke Balai Kota.

‘’Secara umum sudah siap. Tetapi masih ada beberapa yang masih kurang. Seperti rambu untuk yang masuk ke kawasan Stadion dan Gor masih belum. Ada juga di titik lain. Desember ini selesai, Insya Allah,’’ jelas wali kota sembari menyebut progres sekitar 80 persen.

Maidi menambahkan, pembangunan akan dilanjutkan tahun depan, yakni jalur sepeda rute 25 kilometer, titik-titik yang akan dilewati seperti Lapak UMKM di kelurahan.

Maidi mengatakan, saat ini progres pembangunannya mencapai 75 persen sementara proyek Lapak UMKM ditargetkan selesai Desember nanti.

‘’Titik-titiknya sudah dimulai tinggal mencunkan saja. Insya Allah Februari kita mulai,’’ terangnya.

Maidi mengatakan, jalur sepeda wisata memang tidak sekadar promosi daerah. Namun, juga peningkatan perekonomian lokal, sebab terkoneksi dengan program Lapak UMKM tadi. Lapak tersebut sebagai tempat berjualan pelaku UMKM di tiap kelurahan. Calon pembeli didatangkan melalui pesepeda tadi.

‘’Ini sesuai instruksi presiden untuk peningkatan perekonomian berbasis lokal. Makanya kelurahan kita angkat melalui jalur sepeda wisata ini,’’ pungkasnya.