Ketua Forikan Tanah Datar Kampanyekan Makan Ikan Cegah Stunting

Tanah Datar - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menggelar kegiatan Edukasi "Makan Ikan Cegah Stunting" dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional, Kamis (21/11).

Ketua Himpaudi yang juga Ketua Forikan Kabupaten Tanah Datar Emi Irdinansyah didampingi oleh Camat Lima Kaum Hendra Setyawan, Kabid PAUD PMS pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar, menghadiri langsung kegiatan kampanye makan ikan di TK-PAUD Terpadu Permata Bunda di Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum.

Kedatangan Ketua Himpaudi Kabupaten Tanah Datar beserta rombongan, disambut langsung oleh Wali Nagari Cubadak Asrizallis bersama Kepala Sekolah TK-PAUD Terpadu Permata Bunda Gusti Indriyani beserta seluruh jajaran tenaga pengajar, orang tua murid dan anak-anak didik TK-PAUD Terpadu Permata Bunda.

Emi menyebutkan edukasi makan ikan sudah menjadi program kerja pemerintah kabupaten Tanah Datar, karena ikan merupakan sumber protein yang baik dan tidak memiliki efek samping bagi yang mengkonsumsinya.

Namun, Emi mengatakan, kita harus bisa memilih ikan yang baik untuk dikonsumsi, selain itu juga sehat dan baru.

"Kalau memilih ikan untuk dikonsumsi harus yang baik, artinya jangan yang dibesarkan dengan makanan yang tidak sehat seperti kotoran ayam, karena besar kemungkinan kondisi daging ikan tersebut tidak layak konsumsi," ujarnya.

Lebih lanjut, Emi mengatakan bahwa mengajak anak-anak untuk mengkonsumsi ikan memang tidak mudah. Untuk itu, ibu-ibu harus pandai dalam penyajiannya.

"Kita bisa meniru negara Jepang yang telah lebih dulu menggalakkan penduduknya mengonsumsi ikan, karena ikan selain mengandung banyak protein juga mengandung Omega 3 dan kalsium yang mampu mencegah perlambatan pertumbuhan fisik bagi anak-anak," tambah Emi.

Terakhir, Emi berharap Gerakan Edukasi "Makan Ikan Cegah Stunting" di TK-PAUD se-Indonesia ini tidak sekedar seremonial, namun lebih dari itu kita harus menyadari bahwa mengonsumsi ikan yang cukup benar-benar mampu membuat otak anak berkembang dengan baik dan cerdas.

"Untuk itu, mari kita galakkan gerakan makan ikan dirumah tangga kita masing-masing demi," ajaknya.

Sementara itu, Camat Lima Kaum Hendra Setyawan menerangkan bahwa manfaat makan ikan bisa membuat otak cerdas, selain juga diyakini bisa mencegah berkembangnya berbagai jenis penyakit dan mampu mencegah stunting.