Dinkes Kubu Raya Pantau Perkembangan Kesehatan Warga Pasca Banjir

Kubu Raya - Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di sejumlah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, mengakibatkan empat desa di Kecamatan Sungai Ambwang diantaranya Desa Pancaroba, Pasak Piang, Lingga dan Desa Teluk Bakung terendam banjir.

Untuk mengantisipasi berbagai penyakit dampak dari musibah banjir ini, Dinas Kesehatan Kubu Raya turun langsung ke lokasi banjir guna melakukan pemeriksaan kesehatan warga.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Mariijan mengatakan sampai saat ini petugas kesehatan yang ada di Puskesmas, Pustu dan Polindes sudah turun ke lokasi banjir untuk memantau perkembangan kesehatan warga.

“Selama musibah banjir ini, kami memaksimalkan program Salju (Selasa-Jum’at) terpadu dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Bagi masyarakat yang tidak mampu berjalan untuk melakukan pemeriksaan, kami akan kunjungi langsung ke rumahnya," katanya Sabtu (28/11).

Marijan menambahkan untuk melayani kesehatan warga yang terdampak banjir ini, pihaknya memberdayakan Pustu dan Poskesdes yang ada di empat desa terendam banjir.

Adapun beberapa penyakit bisa muncul sebagai imbas dari banjir ini diantaranya penyakit kulit, diare, liptospirosis, dan pes yang dibawa oleh air yang telah bercampur dengan kotoran.

“Kita mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan mencegah penyebaran penyakit ini. Sampai saat ini sudah ada beberapa warga yang melakukan pemeriksaan ke kami, keluhannya batuk dan filek. Selain itu, kami juga menghimbau masyarakat agar dapat memperhatikan faktor kesehatan, meski keterbatasan situasi dan kondisi. Adanya petugas kesehatan diharapkan bisa menjadi sangat vital dalam kondisi seperti ini, sehingga masyarakat atau korban banjir ini bisa segera mendapatkan penanganan kesehatan,” pungkasnya.