Wali Kota Kediri: Pemimpin Milenial Harus Miliki Pola Pikir Digital

Kediri - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjadi salah satu nara sumber dalam seminar nasional “Menjadikan Pancasila sebagai Dasar Pola Pikir Pemimpin Bangsa” yang diselenggarakan Universitas Brawijaya secara daring, Minggu (29/11).

“Sebagai pemimpin bangsa yang berjiwa Pancasila, pasti memiliki visi atau tujuan yang akan dicapai. Maka dari itu, seorang pemimpin harus memiliki lima karakteristik sebagaimana yang terkandung dalam sila Pancasila yaitu pertama beriman, yang kedua menjunjung tinggi hak orang lain, ketiga rasa nasionalisme yang tinggi, keempat mengedepankan musyawarah dalam tiap mengambil keputusan yang berdampak untuk banyak orang dan yang terakhir adalah adil,” katanya.

Menurut Abdullah Abu Bakar, pemimpin milenial di masa depan juga harus memiliki pola pikir digital, pendengar yang baik, adaptif, inovatif, inklusif bukan eksklusif, berani beda dan pantang menyerah.

Maka dengan masih menjadi mahasiswa, harus banyak belajar, mencari banyak teman, berkegiatan positif termasuk berorganisasi, memiliki kemampuan belajar berbisnis serta jangan takut untuk bermimpi.

“Kesuksesan saya itu bukan atas dasar saya sendiri, tapi karena saya mau belajar dan memiliki kenalan yang banyak. Artinya saya punya teman yang banyak dan bisa membantu saya. Yang paling penting adalah restu dan doa dari orang tua," ujarnya.

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kediri