Setelah Rekor Minum Kawa, Tanah Datar Akan Buat Rekor MURI Baru

Batusangkar - Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Abdul Hakim menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar tengah bersiap menggelar Festival Pesona Minangkabau (FPM) pada 4-8 Desember 2019 mendatang.

Pada festival ini akan dibuat rekor Talempong Pacik terbanyak terbanyak yang dimainkan sekitar 2.000 pemain. Sebelumnya pada FPM 2018 lalu, Pemkab Tanah Datar berhasil memecahkan rekor MURI untuk kegiatan Minum Kawa Daun dengan tempurung kelapa yang diikuti sebanyak 4.000 orang.

Abdul Hakim menuturkan bahwa Festival Pesona Minangkabau 2019 telah mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata RI sebagai salah satu dari 100 Wonderful Event Indonesia.

"Saya mengharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dan mendukung festival ini, mengingat ramainya wisatawan yang akan berkunjung antara lain di Istano Basa Pagaruyung, Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar, dan Kompleks Van der Cappelen," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Parpora Tanah Datar Efrison menjelaskan, rangkaian acara festival tersebut akan diisi dengan Pawai Budaya Minangkabau, Arakan Bajamba, Makan Bajamba, Rekor Muri Talempong Pacik terbanyak, Pagaruyung Ekspo, pergelaran seni Minangkabau dan Melayu, Festival Matrilineal, dan tak ketinggalan atraksi Alek Nagari Pacu Jawi. Selain itu juga ada Pameran Foto Wisata, Festival Kopi, Dialog Budaya, Pasar Van der Cappelen, Penghargaan Wisatawan, Pemilihan Media Tradisional, dan hiburan Artis Minang.

Festival Pesona Minangkabau ini merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang juga melibatkan partisipasi kabupaten dan kota di Sumatera Barat.(KominfoMCTanahDatar2019)