Tingkatkan Akses ‘KOTAKU’ IBM di Desa Murung Kenanga

Martapura - Kementrian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya beserta anggota Komisi V DPR RI Dapil Kalimantan Selatan Rifqinizamy Karsayuda, melakukan pengawasan sekaligus sosialisasi terhadap bakal penerima Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) di Desa Murung Kenanga, Senin (30/11).

Rifqinizamy Karsayuda mengatakan tujuan dilaksanakan program KOTAKU untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan.

"Nantinya dari program ini kita akan membangun dan membenahi kawasan desa-desa yang dapat bantuan kementerian untuk ditata, dikelola untuk menjadi desa yang jauh dari kesan kumuh. Kita tingkatkan sanitasi berbasis masyarakat, ciptakan ruang terbuka publik, galery kitab kuning dan asrama untuk santri ke depannya,” katanya.

Ditambahkan untuk anggaran tahun depan, pihaknya sudah mengusulkan kepada Kementerian PUPR untuk mengeluarkan anggaran senilai Rp70 miliar, dalam program IBM tersebut dan akan diberikan kepada LKM-LKM yang telah ditunjuk oleh pemerintah daerah sebagai penerima bantuan program dari pusat .

Sementara itu kepala Bappedalitbang Banjar Galuh Tantri Narindra menyambut baik dan mengapresiasi semua program yang dilaksanakan pemerintah pusat dan daerah.

"Semoga segala program yang ditujukan buat kemajuan pembangunan daerah bisa berhasil dilaksanakan dan bermanfaat buat daerah, serta hasilnya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya. (Kominfo Kab.Banjar/Ronny/Agusoke/Syadi)