Baznas Sumbawa Barat Serahkan Beasiswa Kepada Murid SMA Tidak Mampu Berprestasi

Sumbawa Barat - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyerahkan beasiswa untuk murid SMA dan SMK yang berprestasi dan tidak mampu.

Bantuan sebesar Rp500 ribu per siswa tersebut diserahkan langsung oleh Ketua BAZNAS KSB M Jafar Yusuf kepada para siswa di Kantor BAZNAS setempat.

"Alhamdulillah kami telah menyalurkan bantuan beasiswa kepada 30 orang siswa di 12 sekolah di KSB, beasiswa ini untuk anak berprestasi dan yang kesulitan ekonomi," kata Jafar, sebagaimana keterangan tertulis, Kamis (3/12).

Pemberian beasiswa dari BAZNAS Provinsi ini selain untuk menyemangati anak-anak dalam belajar dan membantu kesulitan mereka juga sebagai apresiasi BAZNAS terhadap guru yang telah berzakat di Baznas.

"Beasiswa ini bersumber dari zakat para guru SMK dan SMA sehingga BAZNAS provinsi memberikan beasiswa kepada murid SMK dan SMA berprestasi dan miskin tersebut," ungkap M Jafar.

Ia mengaku BAZNAS telah menerima dana bantuan dari BAZNAS Provinsi sebesar Rp30 juta untuk disalurkan ke bantuan warga miskin dan Tahfizd di pondok pesantren sert sebagiannya untuk beasiswa anak SMA dan SMK.

"Saya tadi tidak mampu menjelaskan apa-apa kepada anak-anak ini selain rasa haru, karena dalam beasiswa ini terkandung doa kita orang yang berzakat agar adek-adek kelak menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Karena beasiswa ini bersumber dari dana zakat, dari hati dan dari ibadah. Ada nilai ibadah dan nilai doa di situ," katanya.

Ia berharap beasiswa ini dapat meringankan beban par siswa yang kesulitan ekonomi dan memberikan motivasi kepada mereka untuk tetap semangat sekolah di tengah-tengah kesulitan ekonomi keluarga yang dialami.