Polres KSB Gelar Anev Deteksi Dini Gangguan Kamtibmas Jelang Pilkada

Sumbawa Barat - Polres Sumbawa Barat melaksanakan analisa dan evaluasi (Anev) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 bersama unsur penyelenggara dan stakeholder terkait di Kedai Sawah, Kecamatan Taliwang, Selasa (1/12).

Anev ini dilaksanakan untuk update situasi dan kondisi terkini agar menemukan permasalahan di tiap tahapan Pilkada 2020 sehingga dapat dicarikan jalan keluarnya.

"Anev ini agar kita dapat mendeteksi permasalahan sehingga nantinya tidak mengganggu jalannya Pilkada serentak 2020," kata kapolres saat ditemui di Taliwang.

Ia mengatakan, kegiatan ini sudah dilakukan sebanyak lima kali selama pelaksanaan tahapan pilkada, dan anev ini diharapkan dapat mencegah adanya permasalahan pada saat tahapan selanjutnya sampai pencoblosan.

"Apalagi pada 3 Desember akan dilaksanakan debat publik, ini dibutuhkan komunikasi yang akurat sehingga TNI-Polri dapat mengambil ancang-ancang perihal persiapan pengamanan pada tahapan atau debat publik nanti," ujarnya.

Kapolres mengatakan, jika pada 7 Desember nanti ia akan melakukan apel serpras atau pergeseran pasukan.

"Hari itu juga pasukan akan langsung digeser ke tempat-tempat pengamanan TPS masing-masing," ujarnya.

Terpisah, Ketua KPU KSB Deny Saputra mengatakan, terkait dengan logistik yang sudah siap untuk diberdayakan.

"Ada beberapa item yang belum tersedia, saat ini sudah dikirim dan sedang dalam perjalanan. Kemudian pada tanggal 3 dan 4 Desember nanti akan disalurkan APD seperti tempat cuci tangan ke setiap TPS," kata Deny.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tuwuh mendukung dan memastikan bantuan sarana prasarana.

Sementara itu, Dandim 1628/KSB Letkol CZI Sunardi juga memberikan perhatian protokol kesehatan, dan diminta tidak terlena dengan situasi aman selama ini.