Pemdes Talonang Baru KSB Garap Konservasi Penyu di Pantai Mawil

Sumbawa Barat - Pantai Mawil yang berada du Dusun Lemar Lempo, Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memiliki daya tarik tersendiri. Selain pemandangan dengan butiran pasir putih yang begitu indah, pantai ini juga menjadi bertelurnya beberapa jenis penyu.

Kepala Desa Talonang Baru Budiharya saat ditemui, Rabu (2/12), menuturkan jika sebelumnya pantai tersebut pernah memiliki penangkaran telur penyu, namun lantaran tidak terurus dan akhirnya rusak sehingga saat ini tidak ada lagi.

Kepala desa yang belum genap dua tahun menjabat itu mengatakan, telah merencanakan akan menjadikan pantai tersebut sebagai ikon pariwisata di Desa Talonang Baru.

"Kami berencana akan mengembangkan pantai ini terlebih lagi belum lama ini pihak perusahaan Tambang dan emas PT AMNT telah melakukan uji publik terkait fokus pronggram perusahan tersebut," tuturnya.

Budiharyo mengatakan, rencana program pemerintah desa singkron dengan rencana perusahaan yang fokus pada program pariwisata.

"Kami merencanakan pantai mawil menjadi aikon pariwisata Desa Talonang Baru sebagai pantai wisata conservasi penyu dan kami berharap perusaah PT AMNT serius dengan rencana dan wacana pengembangan tersebut," ucapnya.

Untuk pengembangannya masih dalam wacana, karena jika kita menggunakan anggaran dana desa untuk pengembangan pariwisata hal itu jauh dari mungkin. dari itu kami pemerintah desa terus melakukan komunikasi dengan pihak ketiga dan pemerintah daerah untuk segera merealisasikan rencana dan usulan pengembangan pariwisata di pantai mawil," utupnya.