Pjs Bupati Sigi Buka Rakor Peningkatan Kerukunan Antar Etnis dan Umat Beragama

Sigi - Pjs Bupati Sigi Sisliandy membuka Rapat Koordinasi Peningkatan Kerukunan Antar Etnis dan Umat Beragama dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban menghadapi Pilkada Serentak 2020 di Aula Kantor Bupati Sigi, Rabu (2/12).

Mengawali arahannya, Pjs Bupati Sisliandy menyampaikan, terkait gangguan keamanan yang belakangan ini yang diduga dilakukan oleh kelompok-kelompok bersenjata (KKB) atau teroris, pada dasarnya Pemerintah Kabupaten Sigi sangat menyayangkan kejadian tersebut karena hal itu tidak merepresentasikan agama, melainkan murni kejahatan.

Pemerintah Kabupaten Sigi sehari setelah kejadian tersebut memberikan rilis kepada media dengan empat poin pernyataan yaitu:

1. Pemerintah daerah sangat prihatin dan turut berduka cita atas kejadian yang menimpa masyarakat di Lembantongoa yang saat ini menganggu keamanan wilayah Kabupaten Sigi oleh terduga kelompok-kelompok bersenjata (KKB) atau teroris.

2. Diharapkan kepada warga agar tetap tenang untuk tidak terprovokasi, dan dalam penyelesaian kasus ini kita serahkan kepada pihak Keamanan.

3. Memerintahkan kepada para camat agar selalu berkoordinasi dengan Tripika.

4. Meminta kepada warga untuk melaporkan kepada pihak pemerintah yang ada di kecamatan atau desa itu sendiri ketika ada orang perorangan maupun kelompok yang tidak dikenal.

Pjs Bupati Sigi Sisliandy menyampaikan, hal-hal yang berkaitan dengan tema rapat yaitu Peningkatan Kerukunan Antar Etnis & Kerukunan Antar Umat Beragama dalam rangka Mengantisipasi Gangguan Keamanan & Ketertiban Mengahadapi Pilkada Serentak Tahun 2020 semua itu tak lepas dari peran semua elemen yang ada baik itu pemerintah dan masyarakat itu sendiri, dan terkhusus untuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) yang berada di Kabupaten Sigi.

"Untuk itu diharapkan dalam Pilkada 9 Desember mendatang perlu adanya tindakan persuasif preventif baik dari segi keamanan dan kepatuhan dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 demi terciptanya pesta demokrasi yang aman dan sehat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Sigi, FKUB dan FPK.