Pjs Bupati Sigi Ikuti Tanam Pohon GN-KPA

Sigi - Pjs Bupati Sigi Sisliandy mengikuti kegiatan penanaman pohon Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air yang dilaksanakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III berlokasi di Bendungan Irigasi Gumbasa, Desa Pandere, Sabtu (5/12).

Kegiatan diawali dengan mengikuti acara seremoni secara virtual bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta sejumlah pemerintah daerah di seluruh Indonesia yang melaksanakan kegiatan serupa sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti PU ke-75 "Sigap Membangun Negeri".

Kegiatan penanaman ini diharapkan tidak hanya memberikan dampak terhadap aspek 'go green', tetapi juga sekaligus aspek sosial masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, semua proses pembangunan harus berdampak pada penyediaan lapangan kerja, salah satunya yaitu melalui kegiatan pemeliharaan tanaman yang dapat berkerjasama dengan masyarakat sekitar.

"Jenis tanaman yang ditanam adalah tanaman produksi di antaranya mangga, nangka, alpukat, asam, juga beberapa jenis kayu seperti mahoni dan ketapang kencana," urainya.

BWS Sulawesi III menyediakan 1.000 bibit tanaman yang disebar di tiga lokasi yaitu Gumbasa-Sigi, Sausu-Parigi Moutong, dan Majene-Sulawesi Barat. Melalui jenis tanaman produksi ini diharapakan nantinya akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Hadir juga pada kesempatan itu, kepala BWS Sulawesi III, kepala Dinas Cipta Karya Provinsi Sulawesi Tengah, camat Gumbasa, Ikatan Pensiunan PUPR, serta pengelola irigasi Gumbasa.