Bupati Sanggau: Pilkades Harus Sesuai Protokol Kesehatan

Sanggau - Bupati Sanggau Paolus Hadi mengingatkan agar pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 19 Desember mendatang harus sesuai protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Bupati Paolus saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Sanggau di Kantor Bupati, Senin (7/12).

Ditemui usai rakor, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan bahwa 0ilkades tetap dilaksanakan pada 19 Desember 2020. namun pelaksanaannya harus sesuai protokol kesehatan.

"Ada beberapa hal saja nanti yang akan kita lengkapi, termasuk kesiapan protokol kesehatannya. Nanti dari tim gugus tugas akan menyiapkan hal-hal yang diwajibkan dalam melaksanakan protokol kesehatannya," ujar PH, sapaan akrab bupati Sanggau.

Agar pelaksaan Pilkades sesuai dengan aturan termasuk konsistensi penerapan protokol kesehatan, Bupati Paolus meminta dukungan pihak - pihak terkait, baik panitianya, pihak Kecamatan maupun pihak - pihak lainnya.

"Secara umum tadi kesiapan pelaksanaan Pilkades sudah tidak ada masalah," ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Dinas PM Pemdes Alian menyampaikan, ada 72 desa yang akan melaksanakan Pilkades di Kabupaten Sanggau tersebar di seluruh Kecamatan kecuali Kecamatan Bonti.

Untuk pelaksanaan Pilkades nanti, lanjut dia, wajib menerapkan protokol kesehatan. Kemudian, tambahnya, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), terjadi penambahan.

"Karenakan beberapa waktu lalu dibulan April mungkin ada yang belum mencukupi usia sebagai pemilih sehingga pada hari H nanti akan terjadi penambahan DPT," ungkapnya.

Untuk anggaran Pilkades, beber Alian, ada dua anggaran yang akan digunakan. Pertama, bantuan khusus dari Pemerintah Kabupaten Sanggau yang besarannya Rp2,6 miliar yang digunakan untuk cetak surat suara dan kedua dari APBDes masing-masing desa.

Selain bupati, hadir juga dalam acara tersebut Kepala Subdit Fasilitasi Badan Permusyawaratan Desa dan Musyawarah Desa, M. Rahayuningsih didampingi JFU Direktorat Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Maulina Fahrini, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka, Kabag Ops Polres Sanggau AKP Novrial Alberti Kombo, Pasi intel Kodim 1204/Sgu, Kapten Inf. Saiful Husna, para Camat se-Sanggau, pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM Pemdes) Sanggau, Alian, dan sejumlah instansi terkait lainnya.