Pemkab Tanah Datar Gelar Sertijab Plt Bupati

Batusangkar - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar cara serah terima jabatan pelaksanaan tugas sekaligus melepas Erman Rahman untuk kembali bertugas ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat setelah menjadi Penjabat Sementara (Pjs) Bupati selama 71 hari di Indojolito Batusangkar, Minggu (6/12).

Erman Rahman, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tanah Datar.

“Dalam masa jabatan pendek ini, belum banyak yang bisa kami perbuat, namun Alhamdulillah, dalam masa jabatan ini saya bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, tentu ini tidak terlepas bantuan dan dukungan seluruh elemen di pemerintah daerah, DPRD, forkopimda dan lainnya,” katanya.

Seperti saat awal diamanahkan dulu, tambah Erman, ada beberapa poin penting yang hendak dilaksanakan selama menjabat Pjs. Bupati agar terlaksana dengan baik.

“Saya menjabat untuk mengisi kekosongan yang ditinggal sementara pak Plt Bupati cuti sementara di luar tanggungan negara karena beliau ikut pada Pilkada Bupati Tanah Datar. Alhamdulillah roda pemerintahan berjalan baik, seperti pelayanan publik, menjaga ketenteraman dan keamanan, sukseskan tahapan Pilkada dan menjaga netralitas PNS, melakukan pembahasan bersama Raperda APBD Tanah Datar sampai penanganan pemutusan penyebaran COVID-19 di Tanah Datar,” ungkap Erman.

Kemudian, Erman menyampaikan beberapa program yang berhubungan dengan penanganan kebencanaan.

“Tanah Datar termasuk daerah rawan bencana, Alhamdulillah, saat ini daerah kita sedang dipertimbangkan memperoleh bantuan dari BNPB yang jumlahnya relatif besar untuk beberapa titik lokasi. karena itu saya berpesan kepada Pak Plt Bupati Zuldafri untuk mendukung ini agar bantuan kita peroleh. Nantinya selaku kepala BPBD Sumbar siap mendukung langsung untuk mengawal ini sampai ke Jakarta bersama Pak Bupati dan jajaran,” kata Erman.

Sementara itu, Plt Bupati Zuldafri Darma menyampaikan, tentunya banyak hal telah dilakukan untuk kelanjutan pembangunan di Tanah Datar dalam masa tugas sekitar 71 hari oleh pak Erman Rahman selaku Pjs Bupati. Oleh karena itu atas nama pemerintah dan masyarakat, kami sampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas pengabdiannya.

“Ada momen penting dan bersejarah yang berhasil ditorehkan selama masa jabatan pak Erman Rahman, seperti penyelesaian Perda APBD Perubahan 2020, APBD Tanah Datar 2021, penghargaan Proklim, TPID Award, WTP 5 tahun berturut-turut, Pacu Jawi ditetapkan Warisan Budaya tidak benda, sampai sumbangsih kafilah Tanah Datar untuk raih juara Umum MTQ N ke 28 di Padang. Walaupun tidak terlepas dari peranan dan persiapan kita jauh sebelumnya, namun atas dukungan pak Pjs Erman Rahman, saya ucapkan terima kasih,” ujar Zuldafri.

Sementara itu Gubernur Sumbar diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatan & SDM Muhammad Yani menyampaikan, selama pelaksanaan tugas di Tanah Datar, Erman Rahman dinilai cukup berhasil walau bekerja hanya 71 hari.

“Kalau dilihat dari hasil kerjanya, sangat tepat Erman Rahman diberi amanah di sini, karena Tanah Datar termasuk wilayah rawan bencana, tentu sangat tepat dipimpin kepala BPBD yang notabene menangani masalah kebencanaan,” ujar M. Yani.

Turut hadir pada acara itu Dandim 0307, Kapolres Tanah Datar, Polres Padang Panjang, Kejari Batusangkar, Rektor IAIN, LKAAM Tanah Datar, Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya.