Pemkot dan TPID Gelar Evaluasi dan Kajian Perkembangan Inflasi

Madiun - Pemkot Madiun bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Madiun menggelar evaluasi dan kajian perkembangan inflasi di Kota Madiun pada triwulan keempat, Selasa (8/12).

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Badan Pusat Statisik Kota Madiun, selama bulan Oktober dan November, masing-masing tercatat inflasi sebesar 0,11 dan 0,41 persen. Angka inflasi pada bulan November dinilai merupakan inflasi tertinggi selama periode Januari-November 2020.

Menyikapi hal tersebut, Wali Kota Madiun Maidi mengatakan inflasi tersebut menandakan bahwa perekonomian di Kota Madiun sudah menunjukkan peningkatan, sejak terjadinya pandemi COVID-19.

"Perekonomian kalau terjadi deflasi terlalu tinggi tidak baik, begitu juga inflasi tinggi tidak baik. Maka saya harap semua tim TPID harus saling bersinergi untuk mengendalikan inflasi," katanya.

Dijelaskan, beragam upaya untuk menjaga kestabilan inflasi bakal terus dilakukan oleh Pemkot antara lain meringankan beban PKL dan UMKM dari retribusi, mendorong waralaba besar agar menyediakan stan khusus bagi pelaku UMKM di wilayahnya serta membangun infrastruktur yang dibutuhkan PKL dan UMKM untuk memasarkan produk.

"Selain itu bantuan-bantuan mulai dari sembako hingga gula dan ketela juga dibagikan kemasyarakat. Pola-pola seperti ini akan berpengaruh bagi warga Kota Madiun," jelasnya. (Luki/kus/diskominfo)