Sekda Buka Rapat Komisi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Tojo Una-Una 2019

Tojo Una-Una - Bupati Tojo Una-Una yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Taslim DM Lasupu, membuka Rapat Komisi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Tojo Una-Una Tahun 2019 di Ruang Rapat Auditorium, Kecamatan Ratolindo, Jumat (29/11)

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tojo Una-Una Muhammad Nur Rahmat, Kepala Bidang Penyuluhan Provinsi Sulawesi Tengah Moh. Adam, Ketua Penyuluhan Komisi Taswin Borman, Ketua KTNA Provinsi Yvonn Kasese, Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Munawar Mappu, serta seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait.

"Atas nama Pemkab Tojo Una-Una memberikan apresiasi dan sukses atas terlaksananya rapat Komisi Penyuluhan, semoga kegiatan ini merupakan awal yang baik dalam rangka pembangunan pertanian secara umum," ujarnya.

Taslim mengatakan, dalam rangka penyelenggaraan penyuluhan yang efektif dan efisien diperlukan kelembagaan independen yakni Komisi Penyuluhan yang dibentuk sebagai mitra kerja pemkab dalam merumuskan kebijakan dan strategi penyuluhan pertanian sesuai undang-undang No 16 Tahun 2016 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, tertulis bahwa demi keberhasilan penyelenggaraan penyuluhan di tiap-tiap tingkatan (pusat, provinsi dan kabupaten/kota).

Selanjutnya, tambah Taslim, penyelenggaraan penyuluhan pertanian pascalahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dengan era baru dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian, selain itu peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Urusan Pangan dan Dinas Urusan Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Di akhir sambutan, Sekda Taslim mengimbau Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) sebagai ujung tombak pembangunan pertanian di daerah diharapkan mampu melakukan pendampingan kepada pelaku utama (pertanian) maupun pelaku usaha di wilayah kerjanya.