Pemkot Singkawang Jalin Kerjasama di Bidang Kominfo

Singkawang – Pemerintah Kota Singkawang menjalin Perjanjian Kerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi Informatika Medan (BBP SDM Kominfo Medan).

Kepala Dinas Kominfo Singkawang, Ahyadi mengatakan nota kesepakatan ini dibuat dengan maksud untuk mewujudkan sinergisitas pelaksanaan Program Pengembangan Peningkatan Kompetensi SDM bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui pelatihan dan pendidikan berupa bimbingan teknis (Bimtek) literasi bidang Kominfo dalam waktu yang telah ditentukan.

“Untuk Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia bidang Kominfo diperlukan upaya dan pemberdayaan semua potensi secara maksimal dan mencoba mengurai kelemahan kita dengan bersinergi dengan semua unsur,” katanya Senin (14/12).

Menurutnya, dengan keterbatasan anggaran dan SDM yang ada di Dinas Kominfo Singkawang, pihaknya berupaya menjalin kerjasama dengan pihak BBPSDM Kominfo Medan, sehingga bisa berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas SDM pada Bidang Kominfo.

Tindaklanjut dari penandatangan Nota Kesepakatan tersebut, kata Ahyadi pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan BBPSDM Medan, untuk menyelaraskan program dan kegiatan untuk Tahun Anggaran 2021.

“Segera kita menyusun program dan kegiatan yang dapat diselenggarakan di Kota Singkawang yang meliputi Ruang Lingkup Penyelenggaraan Bimbingan Teknis Literasi bidang Kominfo, Penelitian dan pengembangan bidang Kominfo. Semoga saja ke dua belah pihak dapat merealisasikan program dan kegiatan secara bersama-sama dengan lancar seusai harapan kita semua,” ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie di mengatakan nota kesepakatan fokus pada peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia Bidang Komunikasi dan Informatika melalui Bimbingan Teknis Literasi Kominfo (Short Course Practice) yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang Kominfo serta sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Kominfo Singkawang.

“Era teknologi semua dituntut untuk dapat mengerti memahami dan menerapkan dalam semua lini kehidupan, untuk itu upaya kerjasama ini sangatlah tepat kita lakukan agar antara Pemerintah Daerah dengan Pusat terjalin hubungan yang harmonis dan ASN serta masyarakat dapat merasakan dampak positif dalam peningkatan pengetahuan pada Bidang Kominfo,” terangnya.