Pemkab Pandeglang Siapkan Rumah Singgah Tangani Masalah Sosial

Pandeglang - Pemerintah Kabupaten Pandeglang menyediakan rumah singgah untuk menanganani permasalahan sosial di masyarakat.

"Hadirnya rumah singgah, salah satu upaya pemerintah membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang kerap terjadi," ujar Bupati Pandeglang Irna Narulita saat launching Rumah Singgah Berkah di Kelurahan Kampung Kadupereng, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Senin (14/12).

Irna juga berharap Pandeglang juga punya rumah singgah lainnya untuk di wilayah Banten.

"Jika ada masyarakat yang tidak mampu yang harus dirujuk keluar Pandeglang bisa memanfaatkan rumah singgah tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang Nuriyah mengatakan, rumah singgah ini merupakan Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016 - 2021. Karena pada awal tahun 2020 ada refocusing, kata Nuriyah baru bisa terealisasi saat ini.

"Kita ketahui bersama dampak covid ada refocusing anggaran sehingga baru bisa terlaksana saat ini," imbuhnya.

Oleh sebab itu, dikatakan Nuriyah, pembangunan rumah singgah ini menggunakan anggaran Dana Insentif Daerah (DID) dengan anggaran kurang lebih Rp100 juta.

"Jadi penanganan COVID-19 bukan hanya bansos, tapi bagaimana risiko sosial dampaknya juga bisa terselesaikan," tandasnya.

Ia mengatakan, dari anggaran tersebut sudah berikut fasilitas yang ada baik itu tempat tidur, sofa maupun AC.