Film Pendek Tentang Kopi Semende Raih Juara IKA Faperta IPB

Muara Enim - Kopi Semende kembali membuat harum nama Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, yang dikemas melalui film Kawe Abang Semende, berhasil meraih juara 1 dalam lomba film pendek kopi yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (Ika Faperta) Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Ini produk asli Muara Enim. Dalam arti dari kru film, pemain, soundtrack dan semua yang terlibat semuanya asli orang Muara Enim. Kami buktikan bahwa Muara Enim bisa dikenal dengan produksi filmnya," ujar sutradara film Kawe Abang Semende saat ditemui di kediamannya setiba dari Bogor, Senin (2/12).

Ia menjelaskan, proses pembuatan film Kawe Abang Semende memakan waktu sekitar satu pekan dengan durasi film 11 menit.

Lanjutnya, film ini juga mendapatkan dukungan langsung dari Plt Bupati Muara Enim Juarsah, Kadisbun Muara Enim Mat Kasrun, serta Anak Rantau Tanjung Enim (Antera).

"Alhamdulillah dengan kerja keras kerja cerdas bisa menghasilkan juara. Kami sangat bersyukur bisa mengharumkan nama Kabupaten Muara Enim melalui film pendek," ujarnya.

Ia berharap dengan hadirnya Juara di bidang perfilman ini dapat memicu pemuda pemudi kita untuk terus berkarya dan mempromosikan budaya daerah serta tidak menutup kemungkinan akan ada juga film-film pendek lain yang mengangkat suatu sudut lain dari Kabupaten Muara Enim selain Semendo.

"Film pendek ini juga akan mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Muara Enim selain melalui kegiatan Colorful Muara Enim Festival," tutupnya.