Pandeglang Raih Predikat Kabupaten Sangat Inovatif pada IGA 2020

Jakarta - Pemkab Pandeglang meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 dalam kategori Kabupaten Sangat Inovatif. Penghargaan diberikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri Agus Fatoni dan diterima langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita di Ballroom Sultan Hotel, Jakarta, Jumat (18/12).

Dalam laporannya, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri RI Kurniasih mengatakan, sesuai dengan peraturan terkait mengamanatkan bahwa Kemendagri untuk melakukan penilaian Inovasi Daerah.

“Pemberian penghargaan kepada Pemda dengan Predikat sangat inovatif berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah tahun 2020, Merupakan apresiasi pemerintah terhadap semangat daya dan upaya serta keberhasilan pemda dalam penyelenggaran pemda dengan cara-cara inovatif," katanya.

Lebih lanjut Kurniasih menjelaskan, tahapan-tahapan yang ditempuh untuk menyaring inovasi ini, Kemendagri melalui Balitbang telah melakukan tahapan penjaringan.

“Penginputan data Inovasi daerah mulai 14 Mei - 20 September 2020 melalui aplikasi Indeks Inovasi Daerah Kemendagri, dengan tingkat partipasi daerah sebesar 89,3% atau sebanyak 484 daerah yang terdiri dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Dengan hasil inovasi sebanyak 14.897 atau meningkat 85% dibandingkan tahun 2019," jelasnya.

Selanjutnya, ujar Kurniasih, pihak Kemendagri RI melakukan tahapan validasi data yang dimulai dari tanggal 22 September sampai dengan 21 Oktober 2020.

“Dari hasil validasi kami mendapatkan hasil sebanyak 195 pemerintah daerah dengan predikat sangat inovatif yang terdiri dari 21 provinsi, 131 kabupaten dan 43 kota," tutupnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang usai menerima penghargaan tersebut sangat bersyukur dengan raihan tersebut.

“Alhamdulilah hari ini kami bersama-sama 131 kabupaten lainnya mendapatkan penghargaan kabupaten sangat inovatif, ini merupakan kerja keras kita semua seluruh OPD dibawah kordinasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pandeglang. Dan dukungan semua pihak, semoga capaian ini dapat kita tingkatkan di tahun depan untuk masuk dalam kategori daerah terinovatif," ungkapnya.