27 Desa di Pangkep Siap Gelar Pilkades Serentak 2021

Pangkep - Sejumlah desa di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) dalam waktu dekat akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak yang rencananya digelar awal Januari 2021.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pangkep Dzulfadli, Senin (21/12), mengatakan pihaknya saat ini sedang menyiapkan regulasi serta menyusun tahapan agar pilkades serentak bisa dilaksanakan pada Januari 2021.

"27 desa yang akan menggelar pilkades ini, sekarang dipimpin pelaksana tugas, lantaran masa jabatan kepala desanya sudah berakhir. Awal Januari ini kita akan bentuk panitia pemilihan di tingkat desa. Insya Allah semuanya berjalan lancar," kata Dzulfadli.

Selain menyiapkan regulasi, DPMPD Pangkep juga tengah menyiapkan data dan anggaran pilkades. Nantinya, pelaksanaan pilkades ini wajib menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Pelaksanaan pilkades wajib mematuhi protokol kesehatan agar tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19. Penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) wajib ditaati dalam seluruh tahapan pilkades,” ujarnya.