Wabup Pringsewu Imbau Warga Tidak Bepergian ke Luar Daerah

Pringsewu - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengimbau warga untuk tidak bepergian ke luar daerah, terutama ke wilayah yang memiliki risiko tinggi penyebaran dan penularan COVID-19 saat libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Terlebih, ujar Fauzi, angka penyebaran COVID-19 di Kabupaten Pringsewu semakin meningkat belakangan ini, dimana berdasarkan press release yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pringsewu, per-14 Desember 2020, kasus komulatif positif Covid-19 di Pringsewu mencapai 101 orang.

Fauzi, Selasa (15/12) mengatakan, untuk menekan dan meminimalisir penyebaran COVID-19 di Kabupaten Pringsewu, tentunya dibutuhkan kesadaran dan tanggung jawab bersama. Selain berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, yakni dengan selalu sering mencuci tangan dengan memakai sabun pada air yang mengalir, terutama pada saat akan dan setelah beraktifitas, memakai masker serta menjaga jarak fisik dengan orang lain, disamping menghindari kerumunan massa.

Menurutnya, tetap berada di rumah dan tidak bepergian ke luar daerah, terutama pergi ke daerah berisiko merupakan salah satu cara dan upaya agar terhindar dari terpapar virus Corona atau COVID-19.

"Bisa saja, saat sebelum pergi dan setelah pulang dari luar daerah, seseorang dalam kondisi sehat dan biasa-biasa saja atau tanpa bergejala, tetapi tanpa disadari ia membawa pulang virus yang dapat menularkan ke orang-orang di sekelilingnya. Ini yang harus diwaspadai, karena akan sangat berbahaya, apa lagi jika terdapat orang-orang tua, anak-anak atau orang rentan lainnya, yang memiliki penyakit penyerta," ujarnya.