Tasikmalaya Raih Penghargaan Kota Peduli HAM Tujuh Kali Beruntun

Bandung - Pemerintah Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, meraih penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM RI, pada Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-71 Tahun 2019, di Gedung Merdeka, Bandung, Selasa (10/12).

Penghargaan Kota Peduli HAM diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) HAM Mualimin Abdi dan diterima langsung oleh Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman.

Kota Peduli HAM merupakan penghargaan/prestasi bagi kabupaten dan kota yang telah memenuhi 83 indikator penilaian terkait hak asasi manusia sebagaimana tertuang pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 34 Tahun 2016 Tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Dalam sambutannya, Wali Kota Budi Budimana mengapresiasi peran serta seluruh pihak yang telah mendukung program HAM di Kota Tasikmalaya sehingga wilayahnya berhasil meraih penghargaan sebagai Kota Peduli HAM untuk yang ketujuh kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2012 hingga 2019.

"Kami menyadari masih belum maksimalnya pemenuhan HAM secara luas di wilayah Kota Tasikmalaya. Penghargaan ini dapat dijadikan motivasi bagi seluruh pokja untuk selalu melakukan perbaikan dan monitoring di lapangan," ujar Budi.