Kubu Raya Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Penghargaan diserahkan Dirjen Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM RI Mualimin Abdi kepada Wakil Bupati Sujiwo pada Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-71 Tahun 2019 di Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12).

Mualimin menjelaskan bahwa berdasarkan Kementerian Hukum dan HAM, baru sekitar 271 dari 516 kabupaten/kota yang melaksanakan komitmen dalam pemenuhan hak dasar masyarakat di wilayah bersangkutan. Artinya, baru sekitar 60 persen kabupaten/kota yang bersungguh-sungguh melaksanakan komitmen nilai-nilai HAM dalam pelayanannya.

"Tahun lalu ada 271 kabupaten/kota yang mendapat predikat peduli HAM. Tahun ini jumlahnya 272, belum beranjak jauh," ungkapnya.

Menurut Mualimin, penghargaan bagi kepala daerah bertujuan memotivasi dan mendorong pemenuhan hak dasar masyarakat, khususnya hak-hak dasar dalam bidang kesehatan, pendidikan, perempuan, anak-anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.

"Ini bukan kompetisi, tapi kami serius menilainya," ujar Mualimin.