Peletakan Batu Pertama BLK Komunitas Seni Kuliner PDM Mabar

Labuan Bajo - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Manggarai Barat menyelenggarakan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Seni Kuliner, Senin (21/12).

Untuk mengejar target program pembangunan SDM, pemerintah meluncurkan program bantuan BLK Komunitas Tahap I Tahun 2020.

Untuk tahap I program BLK Komunitas mencakup pembangunan 100 lembaga dari total target 1.000 lembaga salah satunya bantuan BLK Komunitas bagi PDM Manggarai Barat.

Kepala UPT BLK Mangarai Barat dalam sambutannya yang disampaikan staf BLK M. Hidayatullah mengatakan BLK Komunitas merupakan terobosan dari Presiden Joko Widodo sejak tahun 2017.

Terobosan ini bertujuan untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan.

"Pendirian BLK Komunitas adalah upaya meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja, serta mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas," katanya

Diharapkan, hadirnya BLK Komunitas, maka santri dan siswa lembaga pendidikan keagamaan serta masyarakat di sekitarnya, mendapatkan akses pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal.

Sementara itu ketua PDM Mabar Tajuddin menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan atas bantuan BLK Komunitas kepada PDM Mabar.

"Peresmian ini merupakan suatu langkah awal bersama dalam upaya pembangunan sumber daya manusia (SDM). Saya yakin putra dan putri daerah Kabupaten Manggarai Barat akan dapat memiliki kompetensi yang dapat bersaing serta memiliki karakter yang kuat," ujarnya.

(Syarif ab)