Pemkab Kubu Raya Serahkan Bantuan Mesin Grading ke Gapoktan-Poktan

Penyerahan bantuan mesin grading ini dilakukan secara simbolis oleh Kepala DKPP Kubu Raya Gandhi Satyagraha mewakili Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan kepada Ketua Poktan Krida Telaga Dua Rasdi di Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap.

Kepala DKPP Kubu Raya Gandhi Satyagraha mengatakan, bantuan mesin grading yang diberikan kepada Gapoktan dan Poktan ini merupakan program pertanian Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan untuk tahun 2020 dalam rangka meningkatkan kualitas beras lokal setempat.

"Untuk tahun ini ada tiga Gapoktan dan dua Poktan yang tersebar di tiga kecamatan menerima bantuan mesin grading ini diantaranya, Gapoktan Empening Mandiri Desa Teluk Empening Kecamatan Terentang, Gapoktan Krida Utama Desa Sungai Terus Kecamatan Kubu, Gapoktan Solo Berseri Desa Parit Keladi Kecamatan Sungai Kakap, Poktan Krida Telaga Dua Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap, dan Poktan Tunas Baru Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap," kata Kepala DKPP Gandhi Satyagraha saat menyerahkan secara simbolis bantuan mesin grading kepada Poktan Krida Telaga Satu Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap, Selasa (29/12).

Gandhi mengharapkan kepada Gapoktan dan Poktan yang menerima bantuan mesin grading ini untuk segera dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas padi petani.

"Mesin grading ini memang sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas beras lokal Kubu Raya. Yang mana grading ini merupakan kegiatan dalam penanganan pasca panen yang bertujuan untuk memisahkan bahan utama berdasarkan mutu dari bahan tersebut," ujarnya.

Gandhi menuturkan, pengadaan bantuan mesin grading ini juga merupakan kebutuhan dalam proses penggilingan padi, sehingga dengan mesin ini Kubu Raya bisa menyiapkan kualitas beras lokal yang diinginkan, baik beras kepala maupun beras premium dengan kualitas yang dibutuhkan untuk beras lokal dan sesuai dengan kebutuhan pasar dan kebutuhan konsumen.

"Kita harapkan dengan semakin meningkatnya kualitas beras lokal Kubu Raya ini dapat menumbuhkan kepercayaan petani dan meningkatkan kepercayaan konsumen," harapnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kubu Raya itu mengharapkan, dengan peralatan yang sudah disediakan saat ini, tentu Kubu Raya memiliki harapan agar kualitas beras lokal Kubu Raya bisa dapat ditingkatkan hasilnya.

"Alhamdulillah, saat ini para petani kita sangat bersemangat dan masif melakukan penanaman satu tahun dua kali, karena petani kita melihat potensi beras lokal Kubu Raya sangat prospektif, mengingat Pemda Kubu Raya melalui kebijakan pak Bupati Muda Mahendrawan telah menyiapkan pasar sistemik dalam penjualan beras lokal, yang mana seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di 38 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di daerah itu diwajibkan membeli beras lokal untuk membantu ekonomi petani," jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Poktan Krida Telaga Dua Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap Rasdi merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Kubu Raya yang telah memberikan bantuan alat mesin grading ini. Tentunya dengan alat ini dirinya bersama petani lainnya akan lebih bersemangat lagi untuk melakukan penanaman padi satu dua kali.

"Adanya bantuan mesin grading ini tentunya kita bisa menjaga kualitas beras lokal Kubu Raya," katanya.

Sekretaris Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Sungai Kakap itu menyampaikan dengan mesin grading dirinya bersama para petani bisa menjadikan tiga kualitas beras diantaranya, madium, premium dan super.

"Kita harapkan kedepan, pihaknya bisa tetap bekerjasama dengan Pemkab Kubu Raya dan khususnya kepada pak Bupati Muda Mahendrawan yang fokus, masif dan mensupport dalam meningkatkan dan menjaga mutu beras lokal," pungkasnya.