Pemkot Kediri Akan Revitalisasi Pasar Ledokan Dandangan

Kediri - Pemerintah Kota Kediri berencana merevitalisasi Pasar Ledokan di Kelurahan Dandangan. Revitalisasi ini dilakukan guna meningkatkan kenyamanan konsumen dan penjual dipasar tersebut.

“Pasar Ledokan ini merupakan aset esensial untuk masyarakat di sekitar, namun lokasi yang kurang nyaman membuat aktivitas kurang maksimal," ungkap Kepala bidang Pemerintahan Pembangunan Manusia, Perekonomian dan Infrastruktur Erwin Sukarno saat sosialisasi pembinaan pendataan usaha perdagangan, Rabu (30/12).

Menurutnya, karena sirkulasi udara kurang tertata, udara menjadi pengap dan kurang nyaman alhasil pasar yang dinilai aset daerah ini, menjadi sepi pengunjung. Hal ini membuat kios-kios pasar Ledokan yang seharusnya bisa terisi 125 pedagang hanya tinggal sekitar 40 pedagang saja yang aktif.

Selain itu, ia juga menyampaikan sejumlah permasalahan lain yang dihadapi seperti trotoar yang sudah rusak, pasar yang dikelilingi pagar pembatas, fasilitas penunjang pasar yang tidak nyaman hingga ketersediaan tempat parkir yang belum memadahi.

Dalam acara yang digawangi oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri ini, Erwin juga memaparkan desain rencana revitalisasi pasar Ledokan.

“Desain pasar ini akan menyesuaikan dengan perkembangan zaman, namun tetap mempertahankan orisinalitas dari pasar," imbuhnya.

Sejumlah titik yang nantinya akan dilakukan renovasi mulai dari gerbang masuk, perbaikan sirkulasi udara, penambahan mini stage, hingga area khusus untuk pedagang kaki lima.

“Di muka pasar akan kami sediakan area khusus pedagang kaki lima yang biasanya berjualan di sepanjang Jalan KKO Usman Dandangan," ungkap Erwin.

Kebijakan ini sejalan dengan program penataan sungai kresek di wilayah Dandangan. Sebelum dilakukan relokasi, pemerintah sudah mempertimbangkan lokasi yang strategis untuk para PKL ini.

Upaya ini disambut baik oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK). Ketua LPMK Kelurahan Dandangan Trio Rendarwanto mengutarakan respons positifnya atas program ini.

“Sejalan dengan visi misi kami yang berkeinginan membuat pasar ini ramai kembali, kami menyambut baik program ini," ungkapnya.

Sebagai informasi, penataan pasar ini merupakan 'pilot project' sebelum nantinya diterapkan didaerah lain. Diharapkan upaya ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat. Selain itu keberadaan pasar Ledokan di kelurahan Dandangan ini dapat lebih maksimal.