Amankan Nataru, Polres Manggarai Gelar Operasi Lilin 2020

Manggarai - Polres Manggarai menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2020, dalam rangka pengamanan Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Apel ini dipimpin langsung Kapolres Manggarai, AKBP. Mas Anton Widyodigdo, dan dihadiri oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Manggarai, Utusan Kodim 1612 Manggarai, Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Manggarai, dan Camat Langke Rembong.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat Mabes Polri hingga ke tingkat Kesatuan Kewilayahan, bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel serta peralatan pengamanan, soliditas stakeholder terkait, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

"Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakkan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19," tutur kapolres Manggarai, beberapa waktu lalu.

Pengamanan ini menurutnya, tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pandemi COVID-19.

"Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran COVID-19", tegasnya.

Berdasarkan mapping kerawanan, lanjutnya, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Operasi Lilin 2020 akan dilaksanakan selama 15 hari mulai dari 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.(*)