Jadi Irup Hari Bela Negara, Ini Kata Plt Bupati Juarsah

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara yang digelar di halaman Pemkab Muara Enim, Kamis pagi.

"Tantangan yang dihadapi bangsa dan negara semakin berat dengan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekadar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI," ujar Plt Bupati Muara Enim Juarsah yang bertindak sebagai inspektur upacara, saat membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo.

Lanjut Juarsah, Di sinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia yang dicanangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-74. Manusia Indonesia yang unggul adalah syarat utama untuk mengisi kemerdekaanyang menjadi pedoman bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara.

"Penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh undang-undang," jelasnya di depan ASN lingkup Pemkab Muara Enim, TNI-Polri, mahasiswa dan pelajar sebagai peserta upacara.

Kedepannya, Juarsah berharap bela negara di segenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematif, dan massif, dengan prioritas dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarkat seluas-luasnya.