Kabupaten Muara Enim Tuan Rumah PEDA KTNA ke-XIV

Muara Enim - Kabupaten Muara Enim ditunjuk Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menjadi tuan rumah Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) ke-XIV yang digelar 26 Juli - 30 Juli 2021 di Kecamatan Semendo (Darat, Tengah dan Laut).

Sebelum Bupati Muara Enim Juarsah, SH memberikan arahan, Asisten II Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Amrullah Jamaludin saat memimpin rapat terkait agar panitia memiliki Kerangka Acuan Kerja (KAK) atau TOR agar bisa menjalankan kegiatan sesuai dengan tupoksi masing - masing.

Menurut Amrullah karena KTNA eventnya tingkat Sumsel maka harus terukur dalam pembagian tugas artinya mana yang harus dijalankan Kabupaten dan mana yang menjadi tanggung jawab provinsi termasuk di dalamnya terkait pendanaan.

"Di KAK tersebut terdapat penjelasan detil seperti masuk dimana sekretariat, POSKO kesehatan. Alat berat harus standby. Dengan KAK jelas arah kegiatan. Saya minta KAK harus dibuat," katanya.

Sementara itu, Syamsiah menyampaikan bahwa untuk pembukaan dan penutupan KTNA dilaksanakan di Balai Benih Aur Duri Desa Tenam Bungku Kecamatan Semendo Darat Tengah (SDT) dengan tema yang diangkat "Kesejahteraan Petani dan Nelayan Melalui Peningkatan Kuantitas Dan Kualitas Produk Pangan Lokal Menuju Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045".

Adapun jenis kegiatan yang diadakan seperti gelar teknologi, expo, pentas seni, lomba keakraban, lomba olahan ikan, lomba pangan olahan, dan pertemuan - pertemuan antara petani dan nelayan.