RAPI Pandeglang Diminta Partisipasi Dalam Penanggulangan Bencana

Pandeglang - Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) melakukan silaturahmi dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo, Jumat (8/1).

Pada kesempatan tersebut, Irna meminta RAPI wilayah Pandeglang berpatisipasi aktif dalam penanggulangan kebencanaan.

"Pandeglang daerahnya rawan akan terjadinya bencana. Kami ingin RAPI memiliki peran serta di situ sebagai media informasi kepada masyarakat," ungkap Irna saat bertemu dengan Ketua RAPI wilayah Pandeglang Asep Rafie.

Walaupun saat ini teknologi komunikasi semakin canggih, tapi kata Irna, terkadang informasi tidak sampai menyeluruh kepada masyarakat lantaran terkendala sinyal.

"Dengan dukungan RAPI kami harap jika terjadi kebencanaan bisa sampai ketiap peloksok," ujarnya.

Sementara itu, Ketua RAPI wilayah Pandeglang Asep Rafie mengatakan, konsep awal atau job deskripsi dibentuknya RAPI itu adalah memberikan informasi kemanusiaan dalam kebencanaan.

"Jadi kami sangat siap sekali bersinergi dengan pemerintah daerah. Saat ini kita sudah bekerjasama dengan BPBD Pandeglang dalam mensosialisasikan kepada masyarakat agar selalu menerapka protokol kesehatan," ungkapnya.

Dalam waktu dekat ini, dikatakan Asep, kepengurusan RAPI wilayah Pandeglang akan menyelenggarakan Bimbingan Organisasi (BO) untuk para anggota baru.

"Karena kondisi sedang COVID-19, bupati selaku pembina wilayah RAPI menyarankan kami agar dilaksanakannya dengan cara virtual," imbuhnya.

Ia mengatakan, RAPI juga akan membentuk pengurus lokal yang ada di tiap kecamatan, sehingga apabila ada informasi bisa cepat diterima dan disampaikan kepada masyarakat.