Dandim Tanggamus Pimpin Apel Kebangsaan di Pringsewu

Pringsewu – Apel Kebangsaan Kabupaten Pringsewu Tahun 2021 digelar di Lapangan Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Kamis (7/1).

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo, wakapolres, perwakilan Kejaksaan Negeri, Kepala Kemenag, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat beserta jajaran Pemkab Pringsewu, dan para Camat se-Kabupaten Pringsewu.

Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo bertindak sebagai pembina apel dengan diikuti oleh peserta dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, BPBD, Banser, FKPPI, Pemuda Pancasila, Pemuda Panca Marga, HMI, dan IMM.

Dalam sambutannya, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo menegaskan bahwa Pancasila adalah gagasan dasar tentang manusia dan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

Dirinya juga menyampaikan pula bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami berbagai ujian sebagai bangsa dan negara yang justru terjadi pada saat kita sedang berupaya keras untuk mengendalikan pandemi COVID-19 serta upaya mengendalikan krisis ekonomi.

"Ujian-ujian tersebut berupa tumbuhnya paham radikalisme yang berpotensi mengancam keselamatan umum, tindakan-tindakan intoleransi yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, gerakan separatis yang semakin massif dan terbuka, serta suburnya informasi hoaks yang menyesatkan dan cenderung memperbesar peluang terjadinya perpecahan di masyarakat," jelasnya.

Dandim 0424 Tanggamus mengajak kepada seluruh elemen masyarakat terutama di Kabupaten Pringsewu untuk bersama-sama mewaspadai seluruh potensi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG).

Masyarakat juga diimbau untuk melaporkan kepada aparat penegak hukum setempat jika menemui tanda-tanda potensi ATHG tersebut serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Diharapkan dengan semangat untuk hidup menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dapat mempertahankan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dilandasi Pancasila UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.