Pemkab Pringsewu Gelar Rapat Persiapan Pilkakon Serentak 2021

Pringsewu – Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi memimpin Rapat Persiapan Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) serentak tahun 2021, Senin (11/1).

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan Balai PMD Provisi Lampung, kapolres Pringsewu, dandim 0424 Tanggamus (Pabung), perwakilan Kejaksaan Negeri Pringsewu,  Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, serta kepala OPD  dan tamu undangan.

Dalam rapat tersebut, kepala DPMP Pringsewu mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkakon serentak di Kabupaten Pringsewu 2021 rencananya akan dilaksanakan pada 24 Februari dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia menjelaskan, pelaksanaan ujian tertulis bagi bakal calon kepala pekon yang lebih dari lima orang akan diselenggarakan pada 14 Januari 2021 di Aula Utama Kantor Bupati Pringsewu dengan jumlah peserta sebanyak 34 orang,  yang terdiri dari Pekon Fajar Agung Barat 7 orang pesetta, Pekon Bulukarto (7) orang, Pekon Gading (7), Pekon Bandung Baru (7), dan Pekon Mada Raya (6). Untuk pelaksanaan rapid test ditujukan bagi Calon Kakon, Panitia Pemilihan Kabupaten, Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemilihan Pekon, Petugas KPPS dan Petugas Keamanan yang berjumlah 3.048 orang.

Pada kesempatan yang sama, sekda berpesan agar panitia pelaksana baik di kabupaten sampai ke tingkat pekon agar benar-benar memahami Perbup serta menyesuaikan dengan pedoman yang ada sehingga tidak menyimpang dengan aturan yang berlaku.

Sekda juga berharap untuk kedepanya masing-masing pekon minimal mempunyai siteplan pembangunan di pekonya.

“Mari kita mulai berfikir untuk mengatur tata ruang yang ada di masing-masing pekon, kita dorong pekon untuk membuat masterplan sehingga nantinya bisa menjadi percontohan perencanaan yang baik,”ujarnya.

Sementara itu, kapolres Pringsewu mengatakan, perlu adanya kerjasama yang baik antara panitia dan Forkopimda, sehingga bisa terlaksana Pilkakon yang aman dan tertib. Protokol kesehatan harus tetap diterapkan dan Fokorpimda juga harus terus ikut memantau perkembangan di lapangan dan melaporkan kendala-kendala yang ada dilapangan. Tim untuk pemantauan di masing-masing pekon untuk segera dibuatkan dan disertakan nomor handphone-nya, sehingga nantinya ketika ada kendala di lapangan dapat dengan mudah dipantau dan dikomunikasikan.

Turut disampikan pula oleh Dandim 0424 Tanggamus (Pabung), bahwa pada intinya TNI bersifat netral dan siap untuk mendukung serta membackup terlaksananya Pilkakon serentak di Kabupaten Pringsewu  sehingga tercipta suasana yang aman dan kondusif.