Bupati Muara Enim Ikuti Rakernas Pertanian 2021

Muara Enim - Bupati Muara Enim Juarsah mendengarkan arahan dari Presiden Joko Widodo pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pertanian tahun 2021 secara virtual dari Jakarta yang mengangkat tema "Memperkuat Peran Sektor Pertanian Dalam Menopang Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi COVID-19".

Pada kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Muara Enim siap mendukung bidang pertanian yang di tengah pandemi COVID-19 menjadi penting perannya dalam memegang peran dalam pembangunan seperti digalakkan pemerintah pusat dalam Rakornas Pertanian tahun 2021 dengan program lumbung pangan (food estate).

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta peran pertanian semakin jeli menyikapi prediksi Food Agriculture Organization (FAO) akan terjadi krisis pangan akibat pembatasan mobilitas warga dan distribusi pangan akibat pandemi Covid-19.

Disampaikan Jokowi, sebanyak 277 lebih penduduk Indonesia yang menggantungkan pada bidang pertanian. Untuk itu, bidang pertanian harus betul - betul, diseriusi, dan detil terutama berkaitan dengan bidang pertanian impor.

Jokowi menambahkan, saat ini bidang pertanian harus dicari desain yang yang baik untuk diselesaikan, jangan menggunakan cara konvensional atau monoton tapi bangun economic skill, seperi food estate yang ini dilaksanakan di Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah.

"Skala luas pertanian dapat diselesaikan dengan economic skill melalui food estate sehingga kita bisa lumbung pangan," ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Rakernas Pembangunan Pertanian 2021 mengedepankan pembahasan program dan peran sektor pertanian yang maju, mandiri, modern, kekinian dan teknologi di tengah pandemi COVID-19.